Senin, 24 Juni 2013

Munir; Sekolah Sambil Bekerja

11.42 By Eksepsi Online , No comments


Oleh: M. Asrul Ashari


Pendidikan adalah hal yang sangat penting, khususnya bagi Munir, remaja yang kini bersekolah di SMK Negeri 1 Benteng, Selayar. Tak peduli pekerjaan apa yang ia lakoni, tanpa ada rasa gengsi dan malu, setiap harinya ia bekerja demi membiayai sekolah dan kebutuhan ekonomi keluarganya. Dia menjadi bagian tulang punggung keluarga. 

Sejak tahun 2012, Munir bekerja di tempat pencucian motor yang berada di Kecamatan Benteng. Ia mengaku hanya mendapatkan upah sebesar Rp 600.000,00 per bulan, karena pendapatan juga dibagi pada tiga pekerja lainnya. Jumlah tersebut pun didapat jika pelanggan banyak.

Umurnya yang masih 16 tahun tak menghalangi niatnya untuk bekerja. Selama setahun, dia tak pernah bosan dalam menjalani pekerjaannya tersebut.

“Saya mulai bekerja setelah saya pulang dari sekolah. Dari pukul setengah dua siang, saya bekerja sampai pukul lima sore. Tetapi jika hari libur, saya masuk pagi, dari pukul delapan pagi sampai pukul lima sore.” Ucapnya dengan sedikit tawa.
  
Baginya, tak gampang sekolah sambil bekerja. Ia harus pandai mengatur waktu. Meskipun gaji yang ia terima setiap bulan masih kurang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, tetapi setidaknya ada pemasukan demi sekolah juga keluarganya.

0 comments:

Poskan Komentar