• Jelajahi

    Copyright © Eksepsi
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Luka Pakai Bahan Alami

    eksepsi
    Minggu, 09 Juli 2023, 01.31 WIB Last Updated 2023-07-09T08:31:56Z


    EXSEPSI.COM
    - Bekas luka yang ada di kaki dan tangan umumnya cenderung menghitam dan sulit untuk dihilangkan. Jika kamu termasuk orang yang sangat memperhatikan penampilan tentu saja hal ini akan sangat mengganggu hingga dapat berpotensi menurunkan rasa percaya diri kamu.


    Munculnya bekas luka pada kulit sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari luka lecet yang diakibatkan terjatuh, tergores, teriris benda tajam, luka bakar, cacar air, hingga luka yang disebabkan oleh iritasi pada kulit. 


    Bekas luka sendiri terutama yang muncul di bagian wajah, umumnya dapat mengganggu penampilan seseorang serta membuat seseorang kurang percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.


    Cara menghilangkan bekas luka yang membandel sesungguhnya sangatlah mudah. Tak hanya dengan menggunakan krim penghilang bekas luka, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai bahan-bahan alami.


    Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat, seperti dirangkum sinyalbekasi.com dari berbagai sumber.


    1. Minyak zaitun


    Tingginya kandungan antioksidan di dalam minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis.


    Anda cukup mengoleskan langsung minyak zaitun atau minyak kelapa ke bekas luka, sambil memijit secara perlahan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.


    2. Lidah Buaya


    Lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Lidah buaya juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka membandel.


    Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.


    Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.


    3. Dermabrasi


    Dermabrasi bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka di kulit yang membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengikis bagian permukaan kulit bekas luka dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.


    4. Bawang putih


    Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah pada kulit. Tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas luka akibat psoriasis.


    Anda cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada area bekas luka, kemudian diamkan beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan bawang putih dengan campuran lidah buaya atau madu.


    5. Baking soda


    Baking soda bisa menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka.


    Campurkanlah baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan ke area bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.


    6. Madu


    Tidak hanya buat kesehatan dan kecantikan, madu juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka yang membandel. Ini karena madu mengandung efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang baik untuk proses pemulihan luka di kulit.


    Anda cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Bersihkan kulit dengan air hangat.


    (Dwi)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    SKM Radar Fakta